iden(021) 29407040 Sen - Jum : 08:00 - 17:00
info@energyequity.co.id

Beasiswa Tingkatkan Mutu Pendidikan Warga

SEBAGAI salah satu wujud tanggung jawab sosial terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) daerah operasinya, Energy Equity Epic Sengkang Pty. Ltd (EEES) melaksanakan berbagai macam program (Corporate Social Responsibility) CSR di bidang pendidikan dengan berkesinambungan, terutama di wilayah Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, lokasi EEES beroperasi.
Program yang dirintis sejak tahun 2003 silam telah membuahkan hasil menggembirakan bagi peningkatan kualitas SDM warga sekitar. Segudang prestasi berhasil diraih sejumlah sekolah di daerah penghasil gas tersebut. Baik tingkat kabupaten, hingga provinsi. Prestasi dua tahun terakhir ini sangat bertolak belakang dengan tahun 2003 silam. Kala itu, prestasi pendidikan di Kecamatan Gilireng berada di urutan ke-14 se Kabupaten Wajo, atau pada posisi terakhir.

Data Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo menunjukkan belasan tahun yang lalu, nilai rata-rata ujian nasional (UN) di daerah ini hanya 4,0. Namun sejak adanya program CSR berupa beasiswa dari EEES, maka mutu pendidikan di daerah yang terkenal dengan aksi heroik pendahulunya dalam melawan penjajah Belanda tersebut terus meningkat tiap tahunnya bahkan nilai rata-rata UN se Kecamatan Gilireng naik menjadi 7,67 – 8,31.
Selain itu sejumlah prestasi juga diperoleh siswa di daerah yang dikenal dengan julukan Bumi Cakkuridi ini yakni menjuarai sejumlah perlombaan baik tingkat kabupaten maupun provinsi. EEES sendiri memberikan beasiswa dalam dua bentuk yaitu Beasiswa Prestasi (BP) dan Beasiswa Kurang Mampu (BKM). Beasiswa Prestasi diberikan kepada siswa-siswa juara kelas dan yang berhasil menjuarai lomba-lomba pendidikan di kecamatan atau kabupaten. Sementara Beasiswa Kurang Mampu diperuntukkan anak-anak sekolah yang orang tuanya tergolong ekonomi lemah.
Sampai saat ini EEES tiap tahunnya menyalurkan Beasiswa Prestasi ke sekitar 420 anak sekolah dari jenjang SD, SMP dan SMK yang berada di Kecamatan Gilireng dan sekitar 485 anak sekolah untuk Beasiswa Kurang Mampu. Efek dari program ini adalah memberi motivasi belajar sehingga makin mendongkrak prestasi anak didik. Mereka bersaing dengan belajar lebih giat memperbaiki nilai mata pelajaran dan nampak bersemangat mengikuti lomba-lomba. Iklim seperti ini ternyata mampu mendorong daya belajar anak-anak sekolah secara umum sehingga meningkatkan nilai rata-rata. Tidak hanya siswa, namun orang tua siswa juga tergerak menyemangati anak-anak mereka untuk meraih beasiswa.

Pemberian Beasiswa Kurang Mampu (BKM) yang dilaksanakan selama ini ternyata juga ampuh mencegah angka putus sekolah. Anak-anak yang kurang mampu umumnya pada musim panen meliburkan diri untuk membantu orang tua mencari nafkah. Mereka bekerja sebagai buruh panen demi membiayai sekolah. Dengan program BKM ini jumlah kasus seperti ini dapat ditekan.
Disamping Beasiswa, Program CSR EEES juga telah membangun perpustakaan umum Cakkuridie, di ibukota Kecamatan Gilireng. Tidak hanya gedung tapi meubeler dan buku-buku disiapkan. Termasuk memberikan insentif bagi pengelola perspustakaan. Keberadaan perpustakaan ini cukup memberi dampak positif dalam meningkatkan minat baca sekaligus menjadi referensi masyarakat khususnya dibidang pertanian, pendidikan dan pengetahuan umum. (*)

Related Posts

Leave a Reply