iden(021) 29407040 Sen - Jum : 08:00 - 17:00
info@energyequity.co.id

Kerjasama Strategis Bupati Wajo dan Energy Equity Epic (Sengkang): Membangun UMKM dan Pendidikan di Kabupaten Wajo

Sengkang, Dengan semangat turut berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi regional di daerah operasinya, Bapak Farid Gaffar selaku General Manager untuk Energy Equity Epic (Sengkang) Pty.Ltd (EEES), menandatangani Nota Kesepahaman dengan Bupati Wajo, Bapak Haji Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. untuk berkomitmen dalam meningkatkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Wajo. Penandatanganan MOU ini dilaksanakan di kantor Bupati Wajo pada hari Selasa, 19 Desember 2023 dan disaksikan juga oleh Bapak Agung Budi Darmoyo, selaku Operating Committee dari PT. Energi Maju Abadi.

Pada kesempatan yang sama, General Manager EEES disaksikan oleh Bupati Wajo juga menyerahkan Beasiswa Prestasi kepada siswa berprestasi dari 24 Sekolah Tingkat SD, SMP, dan SMK yang berasal dari Kecamatan Gilireng. Hal ini menjadi salah satu bentuk dari kolaborasi antara EEES dan Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo untuk peningkatan pendidikan di wilayah ini.

Bupati Wajo, Bapak Haji Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. menyatakan apresiasi kepada upaya yang dilakukan oleh EEES untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat di wilayah operasinya. “Saya selaku Bupati Wajo menyatakan terima kasih kepada EEES yang senantiasa eksis dalam memberikan perhatian berupa Beasiswa dan pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) maupun kegiatan sosial kemasyarakatan di wilayah operasinya” jelasnya.

Komitmen bersama tersebut ditindaklanjuti dengan adanya kesepakatan kerjasama untuk melakukan kegiatan pelatihan pembuatan Gula Semut yang diselenggarakan oleh kedua institusi dan yang diharapkan menjadi langkah awal dari komitmen ini bagi pengembangan keterampilan dan pengetahuan UMKM di Kabupaten Wajo.

Acara pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Sermani Sengkang, melibatkan sekitar 30 pelaku UMKM dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Wajo dengan melibatkan instruktur berpengalaman memandu peserta dalam penerapan teori dan praktik pembuatan gula semut dari bahan baku air nira maupun gula aren.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Wajo, Andi Asho Ashari, ST, M.Si. menegaskan komitmen bersama Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Wajo dengan EEES untuk mendukung agenda besar pemerintah daerah dalam meningkatkan jumlah wirausahawan serta perannya yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di level lokal. “Saya berterima kasih kepada EEES karena pelatihan ini merupakan langkah konkret kolaborasi dalam mendukung program besar dari Bupati Wajo untuk menciptakan 10 ribu wirausahawan baru. Kami berharap melalui pelatihan ini, akan lahir generasi baru pelaku usaha yang tangguh dan inovatif. Kontribusi mereka diharapkan dapat meramaikan dan menguatkan perekonomian daerah, serta menciptakan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Wajo.”

Bapak Farid Gaffar selaku General Manager EEES menyerahkan Beasiswa kepada siswi berprestasi

Sementara itu, Field Operations Manager EEES, Hadayullah Hamid menyatakan komitmen perusahaannya dalam mematuhi regulasi yang berlaku serta pentingnya kerjasama dengan pemerintah setempat untuk menjalankan program-program CSR (Corporate Social Responsibility) yang berdampak pada perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat. “Kami memandang sebagai kewajiban mutlak untuk menjalankan program CSR sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Pedoman Tata Kerja (PTK) 017 SKK Migas adalah arahan yang menjadi pedoman utama bagi perusahaan seperti kami. Kami mengakui pentingnya berkolaborasi dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, serta melaksanakan program CSR sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Kemitraan ini menjadi landasan kuat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di sekitar area operasional kami.” Tegasnya.

Pelatihan ini tidak hanya menjadi wadah pembelajaran, tetapi juga sarana pertukaran ide, pengalaman, serta membangun hubungan baik antar pelaku UMKM. Terlaksananya kolaborasi antara EEES dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Wajo menciptakan peluang nyata untuk mengubah keberlangsungan UMKM di Kabupaten Wajo. Ini adalah bukti nyata bahwa kerja sama yang solid membawa harapan bagi masa depan UMKM di daerah ini. (bf)

Related Posts

Leave a Reply