iden(021) 29407040 Sen - Jum : 08:00 - 17:00
info@energyequity.co.id

EEES Pelopor Penggunaan Teknologi Biogas di Wajo

MELALUI program tanggung jawab sosialnya Energy Equity Epic (Sengkang) Pty Ltd (EEES) telah menjadi pelopor program biogas pertama di Kabupaten Wajo, Sulsel.
Biogas tersebut kini menjadi salah satu program Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Wajo bekerja sama dengan negara matahari terbit, Jepang.
Program ini muncul berawal dari kunjungan Tim Biogas Rumah (BIRU) yang menyambangi kantor Energy Equity pada tahun 2012 lalu untuk mensosialisasikan program biogas rumah menggunakan kotoran ternak sapi. Kotoran ternak sapi tersebut akan diproses melalui reaktor biogas yang dibangun dengan teknologi sederhana namun mampu meberikan garansi pemakaian sampai belasan tahun. Kerjasama pemanfaatan biogas disambut baik oleh EEES untuk menjadi salah satu program energi alternatif ramah lingkungan bagi masyarakat di sekitar daerah operasinya.

Energy Equity melalui program Tanggung Jawab Sosial memilih menjadi katalisator program biogas dengan memprakarsai penerapan teknologi tepat guna ini di masyarakat. Komitmen ini diwujudkan dengan membangun proyek percontohan biogas di SMP 4 Gilireng di Lamata, dimana Energy Equity menyiapkan material dan biaya tukang. Sedangkan pihak BIRU menurunkan tenaga ahli yang membimbing tim pekerja yang dikepalai langsung oleh Darmawangsa yang saat itu juga menjabat sebagai Kepala SMP 4 Gilireng.
Alih teknologi tersebut berlangsung mulus dan sampai saat ini tim yang dibentuk telah berevolusi menjadi salah satu badan usaha mitra BIRU yang dipercaya membangun ratusan reaktor biogas berstandar. Mereka telah membagun sekitar 139 instalasi biogas di Kabupaten Wajo.

Kiprah Energy Equity Epic (Sengkang) EEES dalam melakukan program pengembangan masyarakat mendapat penghargaan dari salah satu NGO internasional asal Belanda, HIVOS. Penghargaan diberikan kepada EEES atas kepeloporan KKKS operator Blok Sengkang ini terhadap program Biogas Rumah.
Piagam penghargaan HIVOS diserahkan langsung Perwakilan HIVOS untuk Sulawesi Selatan pada Senin, 14 April 2018 disaksikan perwakilan Dinas ESDM Sulawesi Selatan, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Sekertaris Bappeda Kabupaten Wajo. Penyerahan penghargaan dirangkaikan Rapat Koordinasi Daerah Biogas Rumah (Rakorda Biru) di ruang rapat Bappeda Kabupaten Wajo.
Penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kepeloporan EEES dalam mengembangkan Biogas Rumah di Kabupaten Wajo dimana EEES yang pertama kali menyambut program Biogas Rumah di Kabupaten Wajo yang akhirnya menginspirasi banyak pihak menggunakan Biogas. (*)

Related Posts

Leave a Reply